Kamis, 28 Juni 2012

Perahu Kapal LCT = Perahu Kataraf / katamaran

Kapal LCT adalah sebuah jenis kapal laut yang pada mulanya dirancang untuk keperluan militer, akan tetapi pada masa damai dipergunakan untuk mengangkut alat-alat berat dan bahan-bahan konstruksi. Dengan LCT, alat-alat dan bahan-bahan itu dapat diangkut hingga ke daerah-daerah terpencil yang sulit dicapai kapal pengangkut biasa.

Setelah mengalami kekalahan besar di Dunkirk, pasukan sekutu menyadari bahwa tidak ada jalan lain untuk memenangkan perang selain mendaratkan mesin-mesin perang mereka di Eropa daratan. Winston Churchill, Perdana Menteri Inggris waktu itu mengusulkan untuk merancang suatu jenis kapal yang bisa mengangkut dan mendaratkan beberapa tank sekaligus di pantai-pantai Eropa. Dari situ lahirlah Landing Craft Tank yang disebut Kapal LCT.

Kapal jenis ini memiliki dek yang luas dan rata sehingga cocok untuk mengangkut tank, prajurit atau bahan logistic. Dalam perkembangannya, dek kapal ini juga bisa dipasangi senjata anti serangan udara, meriam dan juga peluncur roket. Beberapa kapal ini juga digunakan sebagai penyapu ranjau.

Setelah Perang Dunia II berakhir, Kapal LCT banyak digunakan untuk tujuan komersial. Kapal jenis ini sangat efisien untuk pengangkutan bulldozer, excavator, dump truck, loader dan sebagainya yang sangat diperlukan untuk pekerjaan pertambangan dan proyek konstruksi . Selain itu bahan-bahan konstruksi berukuran besar seperti pipa besi, lembaran baja, tanki air dan sebagainya juga dapat diangkut dengan LCT.

Menggunakan kapal LCT untuk mengangkut barang ke daerah-daerah pertambangan; terutama yang terletak di pulau atau daerah terpencil; lebih efisien daripada menggunakan kapal tongkang. Hal ini disebabkan karena LCT tidak memerlukan pelabuhan yang besar untuk mendaratkan barang yang diangkutnya dan bisa melakukan bongkar muat hampir di mana saja.

Perahu Kataraf Alumnium yang dibuat dan dikembangkan oleh thetrekkers.com adalah salah satu jenis perahu LCT tersebut. Dengan konstruksi sederhana perahu kataraf aluminium ini bisa didaratkan dimana saja.

Perahu Kataraf - Perahu LCT Aluminium thetrekkers.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar