Minggu, 25 Februari 2018

Perahu Aluminium Jon Boat


Perahu jon adalah perahu datar yang terbuat dari aluminium, fiberglass atau kayu dengan kursi satu, dua, atau tiga bangku. Biasa digunakan untuk memancing dan berburu. Bentuk perahu sederhana dan mudah perawatannya sekaligus harga yang mudah dijangkau membuatnya banyak dicari. Perahu Jon tersedia secara komersial antara 8 dan 24 kaki (2,4 dan 7,3 m) panjang dan 32 sampai 60 inci (81 sampai 152 cm) lebar, meskipun ukuran khusus dapat ditemukan. Desain sederhana mencakup lambung terbuka, tanpa lambung kapal sehingga tulang rusuknya terbuka dan dapat menampung lima orang.

Tak lepas dari popularitasnya, Perahu Jon telah ditemukan pada akhir abad ke-19 di Ozarks. Kala itu, perahu digunakan untuk melintasi perairan dangkal di Lembah Missouri. Dan lahirlah nama "Ozark John Boat". Perahu tersebut berguna untuk memancing, berburu bebek dan membawa kayu. Perahu Jon juga digunaka untuk membawa pengunjung untuk melintasi perairan Missouri. Selama awal abad ke-20, Ozark John Boat telah membuat banyak kemajuan dalam konstruksi dan desainnya. Saat kapal menjadi lebih populer, kapal ini lebih dikenal sebagai "John Boat" dan kemudian disingkat menjadi "Jon Boat".

Sejarah perahu Jon juga dikupas dalam artikel National Geographic di mana tercatat, " Charlie Barnes 39 tahun, akan memandu anda di White River menggunakan perahu". Artikel Kansas City Star, di tahun-tahun berikutnya, mengatakan, "78 tahun- Barnes tua memiliki keinginan istimewa ... sejak usia delapan tahun dia mungkin menghabiskan lebih banyak waktu daripada orang lain di sungai Putih dan James dengan mengapung tujuan utamanya. Sedangkan untuk kapal jon- tidak diragukan lagi merupakan otoritas nomor satu di dunia; Yang dia lakukan hanyalah mengenalkannya pada Ozarks sekitar 58 tahun yang lalu". Charlie Barnes, penemu perahu Ozark jon, meninggal di Branson pada tahun 1964. Apakah dia akan dilupakan? Tidak mungkin "Sampai hari ini kami tetap terkejut dengan menemukan namanya atau gambarnya di buku," kata David Barnes. Charlie Barnes hilang, dan Sungai Putih terbaring di bawah deretan waduk, tapi selama David dan keluarganya merawat, nama Charlie Barnes, dan perahu jonnya yang dibuat dengan hati-hati, termasuk di antara legenda Ozarks.

Perahu Jon kerap digunakan di rawa-rawa dan danau. Di sisi lain, perahu tersebut juga digunakan di lautan seperti memindahkan peralatan dalam pembuatan kapal besar, memperbaiki dermaga, memeriksa dinding retensi dan memasang tangga darurat sebelum musim dingin dimulai. Dengan jenis lambung yang unik, kapal jon juga menawarkan tumpangan yang stabil kepada pengguna dengan tingkat lambung rata.






Perahu aluminium jonboat buatan thetrekkers Yogyakarta

Perahu aluminium jonboat buatan thetrekkers Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar